Sabtu, 16 Agustus 2014

Putu Mayang



Sudah lama kepingin  makan serabi dan putu mayang, tapi Malas karna takut nggak habis dan di buang maklum keluarga ku terbilang keluarga kecil tapi bahagia :D mumpung Ada arisan di Rumah tetangga sekalian bikin Banyak Saja biar semua bisa makan. PUTU MAYANG Siapa yg tidak tau dg makanan yg satu ini, putu mayang hampir sama atau bahkan bisa di bilang sama dg putu mayam di sini ( s'pore ) biasany bisa di temui di warung2 orang India bedanya di s'pore di makan pake kelapa parut dan gula warna merah, bukan gula jawa lho ya, bentuknya seperti gula pasir cuma warnanya Merah agak2 pink gitu, nama pastinya aku kurang tau, hehehe....😜 tapi tetep selera ku masih CINTA indonesia, klo di indo texturenya agak2 kenyal dan besar mungkin faktor dr tepung tapioca jadinya ciwi jika di makan. 


Penampakan sebelum di kukus, karna di sini susah mo cari daun pisang aku pake kertas roti Saja, dan ternyata bisa, thanks god :) 

Langsung Ke resep Saja ya....

BAHAN :

-300 gr tepung beras 
- 2 sdm tepung tapioca 
- 500 ml santan encer
- 1 sdt garam
- 1 sdm minyak
- 1/2 sdt pewarna kue 

Cara membuat : 
- aduk rata semua bahan
- masak dg api kecil sambil di aduk2 terus sampai menjadi adonan, matikan api, hangat2 uleni adonan sambil di beri warna sesuai selera.
- masukan Donan di cetakan putu mayang, semprotkan di atas kertas roti yg sudah di potong kecil2
- steam putu mayam kurleb 5 menit, hidangkan dg sos santan 





SERABI juga sama persis seperti di s'pore hanya beda nama di sini di sebut APAM, bisa di temui di kedai2 milik orang India rasanya sama persis dg yg di indo Cuman beda di cara makanya Saja, kalo di sini di makan pake gula yg tadi aku cerita kan di atas sama kelapa parut. Resep ini serabi ini aku dapatkan dr milis di NCC rasanya empuk dan sesui dg lidah suamiku, bagi yg mau coba resepnya silahkan.

BAHAN : 
- 200 gr tepung beras
- 1 sdt ragi 
- 1 sdm gula 

- 550 ml santan ( dr 100 ml kara ) 
- 1/4 sdt garam
-------> campur, aduk rata.

CARA MEMBUAT 
- campur tepung beras, gula dan ragi, aduk rata
- masukan santan sedikit demi sedikit sambil di aduk sampai rata dan tidak bergerindil, saring bila di rasa perlu
- istirahatkan adonan selama kurleb 1-2 jam,
- panaskan wajan serabi, masukan satu sendok sayur adonan dg cara memutar adonan Untuk membentuk kulit, tutup wajan masak sampai keluar lubang pori2, angkat, siap di hidangkan dg sos santan. 

BAHAN SOS SANTAN 

- 600 ml santan kara
- 1 liter air / sesuai selera
- 200 gr gula Merah
- 3 biji dau pandan di simpul
- 1/2 sdt garam 

CARA MEMBUAT :
- campur semua bahan, rebus dg API kecil sambil di aduk2 sampai gula larut dan matang. Siap di siram kan dg putu mayang dan serabi. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar