Selasa, 24 Maret 2015

Jengkol masak bumbu lapis daging


Jangan ketawa ya, jika aku bilang pertama kali aku mengenal jengkol ya di s'pore ini, bukan di indo ataupun di sunda, bahkan juga di gresik kota kelahiran ku, pernah lihat sich....di warung2 wartek di jakarta tapi nggak berani makan karna ya nggak pernah makan takut rasanya nggak enak lalu muntah Mala jadi penyakit saja menurutku :D ceritanya gini....,lagi di tlp teman sesama orang perantauan indo di s'pore dia ngundang makan siang, siapa sih yg nggak suka di Ajak makan greatis lagi, setelah tiba di rumahnya dia masak jengkol sambil ragu2 aku tanya enak nggak sih....,dia bilang enak, lalu aku icip2 satu biji dan ternyata jreng....,jreng....,enak boooook !! Seperti kacang ganyam dan semenjak itu  nggak ragu2 & takut2 lagi makan jengkol :D 


One day teman tersebut pulang kampung bawa jenkol satu bag kresek nggak tangung2 dia suruh aku masak karna katanya masakan ku selalu enak, hehehe.....*sambil tutup muka* aku bilang Ke dia aku Akan coba sebisa ku ya, pengalaman pertama kali masak jengkol lama kali 3 jam nggak empuk2 ngalahin masak daging saja, sudah di keprek pun kasih tetap keras, ya sudahlah masak aja masalah enak nggak enak terserah nanti, dan ahirnya masakan pertamaku sukses masuk sampah, wkwkwk.....:D 
Setelah kejadian itu Ahirnya aku dapat tip dr teman supaya nggak bau dan nggak susah2 ngupas kulitnya jengkol di rendam semalaman nanti kulitnya terkelupas dg sendirinya dan merebusnya juga nggak memakan waktu lama. 
Oic.....,Thank friends sebab dia aku jadi tau dan sekarang kalau masak jengkol nggak masuk sampah lagi. 
Karna dulu pernah masak rendang kali ini aku coba masak jengkol pakai bumbu lapis daging,tentu saja daging nya aku skip ganti dg jengkol. Bagi yg mau coba silahkan

BAHAN2 :
- 500 gr jengkol tua ( rendam semalaman )
- 2 buah bawang Merah besar 
- 4 siung bawang putih
- 5 butir kemiri 
- 1 sdt merica 
- 1 ruas jahe 
- 2 butir cengkeh
- 1/2 sdt pala bubuk 
- 2 cup air.

CARA MEMASAK :
- rebus jengkol sampai matang, tiriskan, geprek/ belah jadi dua. 
- giling halus semua bumbu kecuali cengkeh
- tumis bumbu sampai harum masukan jengkol, masukan air, aduk & biarkan  sampai air menyusut, siap di hidangkang. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar