Kamis, 15 Mei 2014

Cireng




Jujur aku baru pertama Kali makan makanan yg satu ini, Jadi ngences karna setiap hari di baking group Banyak berseliweran makanan yg satu ini, penasaran ama rasanya yg katanya enak ahirnya Tampa pikir panjang nyoba reseb nemu di google yg sumbernya dr salah satu majalah terkenal, ternya rasanya kok keras apalagi klow Sudah dingin di jamin bikin gigi pasangan rontok, wkwk....:D :-P tapi penasaran aku masih Belum berhenti hanya gara2 dapat resep yg salah, dapat ilmu dr percakapan di comment  orang2 yg pd  share resep cilok di fb, Ada yg bilang klow nggak alot adonan Nya harus 1:1 sagu satu percent terigu satu percent, perasaan Sudah aku coba dulu tapi tetep a lot hasilnya. Eh ternya Ada cara lain lagi semua adoanya di siram pake air panas beda dg aku dulu memakai cara di masak semuanya, pantesan alot :-P dan ahirnya nemu komposisi dan cara yg tempat Kali ini rasanya enak juga menurut ku suami pun suka juga dr pada yg sebelumnya bikin Gigi dia sakit semua :D rasanya crispi di luar lembut kenyal di dlm.
 



Bahan2 : 

- 200 tepung tapioca / kanji 
- 250 gr terigu 
- 3 siung bawang putih ( haluskan )
- satu ikat daun bawang kecil ( potong kecil2 )
- chiken stok / masa ko secukupnya
- 300 ml air ( secukupnya ) 

Bahan sambel kacang :
- 100 gr kacang yg Sudah di goreng
- 5 bji cabe rawit 
- 1 sdm air asam
- 1/2 sdm gula
- garam secukupnya

Cara membuat sambel :
- masukan semua bahan Ke food prosesor giling sampai halus, pindahkan Ke mangkok beri air panas secukupnya aduk2 siap di buat cocolan. 

Cara membuat adonan : 
- masukan semua tepung dlm bowl tahan panas, aduk rata ketepikan
- rebus air, bawang putih, masako sampai mendidih
- masukan air rebusan sedikit demi sedikit Ke dlm mangkuk tepung aduk rata/ kalis hentikan penambahan air jika di rasa Sudah cukup.
- uleni adonan tsb, masukan daun bawang oleni sampai rata lagi
- ambil satu sendok makan adonan pipihkan dan goreng sampai matang. Siap di hidangkan dg sambel kacang 

*Note : 
- Dalam pengunaan air tergantung dr jenis tepung yg di gunakan ya...,karna setiap tepung beda banget kadar penyerapan airnya, Jadi di sarankan supaya airnya di tuang sedit2 dulu apabila di rasa cukup hentikan penambahan nya, semoga bermanfaat :) 

- sebaik Nya setelah di cuci daun bawangnya di kering kan dg tisu / lap sampai benar2 kering dan nggak Ada sisa air sedikitpun. Karna akan mempengaruhi kadar air dlm tepung yg mengakibatkan adonan jadi Lembek. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar