Rabu, 23 April 2014

No Knead Bread

Dulu setiap memutuskan Untuk membuat roti selalu fikir panjang jika tidak mempunyai heavy duty mixer, tapi sekarang tidak perlu kawatir lagi buat yg tidak punya bisa pake methods ini. Meskipun aku mempunyai heavy duty mixer Apa salahnya mencoba resep yg baru ini sebelum di sharing Ke teman teman pecinta kuliner. Resepnya aku dapat Dari mbak nina  yg di adaptasi Dari sebuah buku klow di Singapore namanya " JAYEON Bread " by chef sangjin ko,  rotinya empuk dan quite good for  breakfast with family.

 
Ini dia texturenya empuk kan....😁😘 love it ! Paling enak di makan panas2, dr pada beli roti di luar an yg tentunya bahan pengawetnya banyak Alangkah baiknya membuatnya sendiri 

 
NO KNEAD BREAD

Bahan :
220 ml susu hangat 
30 gr gula pasir 
4 gr garam 
6 gr ragi instan
260 gr tepung terigu protein tinggi
40 gr tepung terigu protein sedang
30 gr salted Butter ( carikan, dinginkan ) 


Cara Membuat :
- Tuang susu Ke dlm wadah,  masukkan gula dan garam. Aduk hingga gula larut, masukan ragi diamkan 5 menit, aduk dengan sendok hingga larut.
- Masukkan campuran terigu yang sudah di ayak Ke dalam air campuran ragi tadi, lalu aduk menggunakan sendok/ spatula hingga membentuk adonan yang kenyal.
- Masukkan mentega cair dan aduk hingga rata. Tekstur adonan akan basah dan lengket.
- Tutup adonan tadi, istirahatkan selama 20 menit.
- Setelah 20 menit, kempiskan adonan. Balik adonan bagian bawah dan bentuk bulat. Istirahatkan lagi selama 20 menit. Ulangi sebanyak 3x.
- Setelah 3x proses fermentasi, adonan bisa disimpan di kulkas dg wadah tertutup ( aku pake taper ware )  selama 5-6 jam atau semalaman. 
- Keluarkan adonan dari kulkas, kempiskan dan bagi menjadi beberapa bagian sesuai selera bisa juga di bentuk tergantung keinginan masing2, aku Cuman membuat bentuk loaf bread aja, istirahatkan lagi selama 20 menit sebelum di bakar.
- bakar roti dg suhu 180 C semala 15 menit - sampai Ke choklatan, siap di hidangkan. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar