Sabtu, 20 September 2014

white Loft Bread


    Roti ini boleh di bilang aku ciptakan dlm waktu kurang dr 15 menit, ceritanya gini....,siangnya aku janji an sama teman mo nongrong di daerah orchard sambil chit chat karna Rumah kita berjauhan so ketemuanya di daerah central, enak2 menikmati pizza sama cronut di sebuah caffe dapat sms dr teman CC dia panitia kursus, sms begini " tonight  I will waiting u  7.30 before classes" ( malam nanti aku tunggu 7.30 sebelum klas )  Omg !! Panic dan kaget lupa pasang alarm di HP jika waktunya ngajar malam ini, mana belum bikin resep dan testing hasil resep juga, nggak mungkin kan bikin resep nggak pake di test dulu, nanti pas ngajar nggak Jadi gimana, Apa kata student nantinya :D setelah ngabisin pizza langsung cabut pulang nggak Jadi liat F1, dlm perjalanan pulang aku nggak menyia nya kan waktu langsung corat coret bikin resep bla...,bla...,ahirnya selesai satu resep yg bisa di buat berbagai bentuk roti, tapi dlm hati masih takut gagal setelah di coba nanti pasti harus Ada yg di kurangi dan di tambah, Apa cukup waktunya nanti "kata dalam hati" 
     Sampai Rumah suami udah pergi Ke sport center dan Rumah kosong nggak Ada siapa2, Nggak nyia nyiakan waktu Langsung praktek hasil resep tadi dan ahirnya thanks God ! resepnya pas sekali nggak Ada yg di kurangi atau di tambah dan langsung kepikir buat white loft bread seperti gambar di atas, karna waktu fermentasi loft bread cukup Singkat di banding roti jenis lainya, cukup 10 menit taruh samping oven yg panas sudah mengembang cepat. 
     Setelah di bakar Waktu udah menunjukan 5.30 langsung pergi makan sekalian foto copy resep, tutup pintu kamar jeptreet, omg...!!! Masalah datang lagi ternyata kunci Rumah Ke tinggalan di dlm kamar, kamar rumahku pintunya otomatis alias Sudah rusak :D jika sudah di tutup nggak bisa di buka lagi, cari2 kunci serep nggak ketemu2 ahirnya keluar Rumah dg cara seperti maling, aku buka pintu jendela dr dlm supaya bisa di kunci dr luar nantinya, dg bantuan kayu sekitar 10 menit gotek2 seperti maling ( untung nggak kena tangkap police )  wkwk :D ahirnya selesai terkunci, yg paling Penting adalah iPad nggak ikut tertinggal di dlm kamar, jika tidak  pasti klass Nya nggak Jadi karna resepnya Ada di dlm iPad. Biarpun apes seharian dan bikin gregetan tapi hati langsung gembira jika resep yg kita hasilkan ternyata hasilnya sesuai dg yg di ingikan, student juga pada puas dan tersenyum sambil membawa hasil dr hand on Nya masing2. 

BAHAN :
- 322 gr tepung high Pro 
- 52 gr Tepung serbaguna ( segitiga biru )
- 37 gr gula
- 15 gr susu bubuk
- 10 gr ragi instant 
- 1 butir telur
- 3/4 sdt bread improver 
- 30 gr mentega Putih
- 3/4 cup air 
- 3/4 sdt garam

CARA :
- campur semua bahan kering, aduk rata 
- masukan telur dan air sedikit demi sedkit, uleni sebentar masukan mentega , uleni lagi sampai 1/2 kalis, masukan garam, uleni sampai benar2 kalis dan elastis.
- fermentasikan selama lebih kurang 40 menit atau sampai double size
- kempeskan donan, bagi 3 bagian, bulatkan dan bentuk bulat memanjang. 
- masukan Ke loyang loaft yg ada tutupnya size 7x 4 inch tinggi 4 inch dengan loyang yg Sudah di olesi minyak / margarine terlebih dahulu
- fermentasikan lebih kurang 30 menit / adonan tinggi Nya kurang 1" dr permukaan loyang. 
- bakar di oven yg Sudah di panaskan terlebih dahulu dg suhu 190-200 C selama 30 menit / sampai matang kecoklatan, dinginkan sebentar
- potong sesiuai selera dg pisau electrik atau bisa memakai pisau cake bergerigi. 

*Note :
- tutup adonan dg serbet waktu fermentasi Yg pertama maupun yg Ke dua. 



Penampakan sebelum di fermentasikan,hasil jepret pake hp karna  takut nggak cukup waktu. Pagi harinya sebelum buat sarapan masih sempat moto hasil roti semalam,  lalu  buat sarapan dg keluarga tercinta,  karna bosan makan roti tawar jika nggak di toast, di makan  pake selai dan chees tiap hari aku putuskan Untuk buat keema saja, keema ini makanan dr India bahanya dr daging2 an bisa kambing atau sapi bikinya juga gampang dan nggak ribet rasanya luar biasa nikmat. 



Bahan yg di butuhkan seperti gambar di atas, lupa memoto tomat dan bubumbu curry bubuk 


Langsung Ke resep KEEMA ya...

BAHAN :
- 250 gr daging cincang
- 1 buah bawang Bombay ( cincang )
- 1 ruas jahe ( iris tipis ) 
- 50 gr kacang polong hijau
- 1 buah tomat ( cincang )
- 3 siung bawang Putih ( cincang )
- 1 cup tairu / yogurt 
- 1 ruas kayu manis
- 2 biji cardamon 
- 1 sdm bubuk masalah 
- 2 sdm curry bubuk
- 1/4 sdt jintan

CARA MEMASAK :
- tumis dg 1 sdm minyak bawang Bombay, Putih, kayu manis, cardamon, jintan, tomat dan jahe sampai harum
- masukan daging cincang, masukan yogurt, bubuk kurma, bubuk kare, tambah sedkit air, masak sampai air sedikit menyusut, masukan kacang polong, masak lagi sampai matang, siap di hidangkan dg roti tawar atau chapati 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar